Kecerdasan emosional didalam suatu organisasi

Kecerdasan emosional didalam suatu organisasi

Sudah jadi hal biasa , jika emosional dalam mengendalikan suatu organisasi menjadi hal yang rawan dan sangat vital, jika kurang sabar menghadapi setiap orang dalam organisasi pasti akan hancur organisasi itu, didalam buku yang berjudul “EQ landasan untuk meraih sukses pribadi dan karier” karangan Dr. Patricia Patton , beliau berkata : “pengendalian diri adalah benteng pertahanan yang mencegah kita dari kesalahan-kesalahan dan terlibat dalam masalah . Sifat ini mampu mengendalikan kemarahan dan ketergesa-gesaan . Ia memungkinkan kita berpikir sebelum mengambil tindakan.”
Dari perkataan Dr Patricia Patton dapat kita mengerti, bahwa pengendalian diri sangat penting dalam mengambil keputusan, dan pengendalian diri juga dapat juga mencegah kita dari sifat kemarahan dan tergesa-gesa. Sifat marah dan tergesa-gesa ini yang menjadikan  seretnya perjalanan suatu organisasi.
Lancarnya perjalanan suatu organisasi pastinya harus dikendalikan oleh orang yang sudah professional, beberapa trik dari Dr Patricia Patton agar mereka mau menjalankan rencana yang anda buat untuk berjalannya suatu organisasi :
  1. memperlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan
  2. mencintai orang lain sebagaimana anda mencintai diri sendiri
  3. hargailah kebaikan orang lain

dan anda jangan takut jikalau anda akan dimanfaatkan orang lain karena kebaikan anda , tiap kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan. Dari 3 cara diatas dapat dikembangkan lagi dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut :
  1. memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan serta berpikir tentang orang lain dan tidak hanya mementingkan diri sendiri saja,
  2. luangkan waktu untuk menikmati hasil jerih payah kita,
  3. bermainlah dengan anak-anak dan nikmati keindahan alam.

dengan menghidupkan 3 hal diatas maka akan memberi nilai tambah dalam hidup serta akan mendorong kemajuan karier dan akan memperkaya diri kita sebagai manusia, nantinya sikap ini akan berdampak positif pada kehidupan kita.


Komentar

Postingan Populer