DAMPAK GLOBALISASI

Mungkin di dalam dampak globalisasi kita dapat ketahui akan banyak sekali dampak-dampak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti dampak dalam perekonomian, remaja, ataupun politik.
dalam dampak globalisasi ini akan difokuskan kepada dampak globalisasi bagi remaja..


     
Globalisasi merupakan sebuah proses menuju sistem kehidupan yang lebih global, terbuka secara luas dalam berbagai aspek dan segi kehidupan manusia. Baik di bidang ekonomi, sosial budaya, teknologi dan sebagainya. Globalisasi merupakan ruang keterbukaan yang berdampak pada semakin luas dan bebasnya akses sebuah negara ke negera lainnya.  
Globalisasi informasi merupakan salah satu bagian penting yang sudah cukup dirasakan oleh manusia melalui adanya jaringan internet yang terhubung secara luas di seluruh dunia. Pengaruh globalisasi ini secara khusus juga dirasakan oleh kalangan remaja sebagai kalangan dari usia panca roba atau peralihan. Usia yang rentan dengan budaya coba-coba dan memiliki rasa keingin tahuan yang cukup besar.

Dampak Positif Globalisasi
Adakah pengaruh globalisasi ini membawa dampak positif bagi kehidupan para remaja? Sedikit banyaknya tentu saja memberikan pengaruh dan perkembangan yang bernilai manfaat terhadap sistem kehidupan. Meskipun di satu sisi, kita juga tidak bisa menampik adanya pengaruh negatif yang muncul akibat adanya proses globalisasi.
Berikut ini beberapa contoh bentuk pengaruh globalisasi yang bersifat positif terhadap kehidupan para remaja;
·      Semakin cepatnya penguasaan teknologi oleh kalangan usia muda maupun remaja

Tak dapat dipungkiri, salah satu hal positif yang dirasa cukup baik sebagai dampak adanya globalisasi di bidang 
teknologiadalah semakin cepatnya penguasaan teknologi oleh para kalangan muda. Kita bisa membandingkan dengan golongan generasi terdahulu yang sampai saat ini tak jarang yang masih gaptek menggunakan fasilitas berbagai teknologi.

Tapi tak begitu dengan kalangan muda sekarang, era 
internettelah melahirkan para remaja yang cakap dalam penguasaan berbagai bidang teknologi. Penguasaan teknologi tak lain akan memberikan dampak kemudahan terhadap sistem kehidupan manusia itu sendiri.
·      Meningkatnya kreatifitas dan ruang berkarya para generasi muda

Masuknya berbagai 
budaya asing, serta berbagai sistem kehidupan ekonomi dari luar akan memperkaya ruang kreatifitas para remaja tanah air. Para remaja akan lebih terbuka wawasan dan daya pikirnya. Ruang belajar dan mempelajari nilai-nilai baru yang ia terima dari asing disatu sisi akan sangat berimbas pada daya kreatifitas para remaja.
·      Mengenal budaya asing sebagai ruang pembelajaran

Tak selalunya sesuatu yang berasal dari 
luar negeri atau negara asing itu bersifat buruk. Kehidupan negara-negara maju merupakan kehidupan yang jauh lebih mudah, teratur dan canggih. Para remaja bisa banyak belajar dari lingkungan kehidupan negara-negara maju.

Dampak Negatif Globalisasi
Pengaruh globalisasi di samping memberi dampak positif tentu saja memberikan pengaruh negatif terhadap kehidupan para remaja. Pengaruh mana yang akan muncul, tergantung pada masing-masing penyikapan oleh individu terkait.
Berikut ini beberapa contoh pengaruh globalisasi yang bersifat negatif terhadap kehidupan para remaja;
·      Mendorong para remaja untuk melupakan aturan-aturan agamanya

Hal yang cukup sulit dilakukan adalah mengimbangi pemahaman
agama dengan kemajuan sains dan teknologi yang muncul sebagai dampak ruang globalisasi yang cukup luas. Agama terkadang dianggap sebagai penghalang kolot. Ruang kebebasan berbudaya yang diusung oleh semangat globalisasi terkadang membawa sebagian remaja larut dalam kehidupan hingar bingar tersebut.

Agama sebagai aturan hidup hanya diletakkan di 
masjid yang dihuni oleh para generasi tua. Remaja yang arif adalah mereka yang mampu menyandingkan globalisasi dengan agama yang mereka jalani. Persandingan ini akan menghasilkan pengaruh yang cukup baik terhadap perkembangan kualitas diri remaja bersangkutan.
·      Terkikisnya budaya dan adat lokal

Segala sesuatu yang berasal dari 
luar negeri akan dianggap sebagai hal yang jauh lebih hebat ketimbang hal-hal yang berasal dari lokal. Akibatnya, banyak para remaja yang lebih berkiblat pada budaya asing ketimbang budaya sendiri. Baru kemudian sebagian orang akan bersuara jika budaya dalam negeri telah diambil oleh negara-negara asing.
Oleh: AnneAhira.com Content Team


Komentar

Postingan Populer