PENGETAHUAN TENTANG INDONESIA


Negara maritim dengan beribu pulau pulau yang terbungkus menjadi 1 nama yaitu negara Indonesia. Banyak keindahan-keindahan yang tersimpan di Indonesia ini , seperti pegunungan, pantai, hutan dan laut nya.Selain itu juga di Indonesia ini terdapat 5 agama yang sudah valid dan di patenkan untuk boleh berada di Indonesia, yaitu Islam, Kristen Katholik, Budha, Hindu, dan Kristen Protestan. Semuanya di wajibkan hidup damai dan rukun dalam bermasyarakat dan saling menghargai saat beribadah.
Hutan di Indonesia pun banyak sebagai paru-paru kota jakarta maupun kota-kota metropilitan yang ada di Indonesia ini yang sudah terlalu banyak gedung-geudng pencakar langit yang memakan tempat untuk lahan hijau yang ada. Hutan di indonesia terbagi 2 yaitu hutan hujan dan hutan tropis.
Untuk lautan di indonesia banyak sekali keindahan-keindahan misteri bawah laut yang masih belum terungkap oleh beberapa ilmuan karena dalam nya lautan. Kita bahas sebagian kecil zona – zona yang ada di lautan.
Zona abisal adalah suatu zona di dasar laut yang amat dalam, dimulai dari kedalaman 1000 meter sampai 6000 meter. Zona ini termasuk ke dalam lubuk laut dan palung laut.Tekanan air laut sudah besar sehingga hanya sedikit binatang-binatang laut yang dapat hidup di zona ini. Binatang laut yang  dapat hidup di zona ini cenderung pipih dan panjang . Tepat di atas zona abisal ini terdapat zonaabythal , daerah yang terakhir mendapatkan cahaya dimana sebagian besar kehidupan laut itu ada.Sedangkan tepat dibawah zona abisal yaitu zona hadal, daerah yang diliputi oleh kegelapan abadi. Materi sedimentasi sangat halus, berupa sejenis lumpur yang kemerah-merahan dan terdiri dari hancuran diatomea dan radiolaria, karena dalam kedalaman sekitar 3000 meter kerangkan lokan pun sebelum mencapai dasar laut telah hancur dan larut.
Dikarena kantekanan air di zona abisal ini bertambah satu atmosfer setiap kedalaman 33 kaki, hewan di zona abisal harus mampu menahan tekanan jumlah besar. Tekanan ini membuat sangat sulit bagi manusia untuk mengeksplorasi laut dalam. Contoh binatang yang dapat hidup di zona abisal ini adalah cumi-cumi raksasa.
laut juga memiliki batas teritorial, berikut penjelasannya .Indonesia adalahnegarakepulauan yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas yang terdiri dari 17.508 pulau dengan panjang garis pantai 81.290 km. Luas wilayah laut Indonesia sekitar 5.176.800 km2.Ini berarti luas wilayah laut Indonesia lebih dari dua setengah kali luas daratannya.Sesuai dengan Hukum Laut Internasional yang telah disepakati oleh PBB tahun 1982, wilayah perairan Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah laut / zona laut yaitu zona laut Teritorial, zona Landas kontinen, dan zona Ekonomi Eksklusif.
Batas laut Teritorial ialah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar kearah laut lepas.Apa itu garis dasar/garis pangkal? Garis dasar/garis pangkal  adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titikdari ujung-ujung pulau.Penentuan garis pangkal ditentukan dengan garis air rendah.

Jika ada dua negara atau lebih menguasai suatu lautan, sedangkan lebar lautan itu kurang dari 24 mil laut, maka garis teritorial di tarik sama jauh dari garis masing-masing negara tersebut. Laut yang terletak antara garis dengan garis batas teritorial di sebut laut teritorial. Laut yang terletak di sebelah dalam garis dasar disebut laut internal.


Komentar

Postingan Populer